Cari Blog

Kamis, 25 November 2010

OperaMini 5

Opera Mini 5 Loading
Update:
Opera mini 5.1 telah diluncurkan 8 Juli 2010, update ini lebih difokuskan untuk kompabilitas dengan handphone tipe-tipe lama sehingga akan mengurangi masalah 'out of memory'.
Skin baru juga akan diberikan secara otomatis bila layar handphone anda berukuran kurang dari 200 pixels atau memakai sistem operasi Nokia S40 dengan memori sama/kurang dari 4 MB.
Selain itu ada penambahan shortcut untuk menuju modus Mobile View (*0)

Opera mini 5 Final telah diluncurkan secara resmi tanggal 16 maret 2010, setelah mencobanya selama 2 hari saya akan mencoba mereviewnya bila dibandingkan dengan versi Opera sebelumnya 4.2. Saya melakukan pengetesan di handphone jadul kepunyaan saya (Sony Ericsson K800), dan juga milik anggota keluarga SE K510i, Nokia 6300, dan Nokia N82.

Berikut informasi yg saya ambil dari situs Opera, mengenai  rilis Opera mini 5.
Fitur baru dalam Opera mini:
  • Tabbed browsing
  • Fitur Speed Dial dengan Thumbnail (Sama seperti Opera Desktop Browser)
  • Password Manager (Fitur serupa dari versi Opera Browser)
  • Tampilan baru, mudah digunakan, dan juga cocok untuk ponsel layar sentuh maupun ponsel dengan keypad
  • Download manager 
  • Opera Link
Perubahan dari Opera Mini beta 2:
  • Lebih banyak pilihan bahasa!
  • Keyboard virtual bahasa Rusia untuk ponsel layar sentuh
  • Performa lebih baik untuk ponsel memori rendah (bila dibandingkan dengan versi 5 beta 2)
  • Perbaikan dari banyak bugs (kelemahan-2)
Saat pertama menginstalnya tidak ada masalah yg terjadi, tinggal mengetik m.opera.com di browser yg saya gunakan, ponsel saya langsung dikenali dan ditawarkan untuk menginstal Opera Mini 5.

Namun setelah download selesai, K800 saya menanyakan apakah ingin menimpa versi 4.2 dengan versi baru ini, didasari rasa penasaran akan versi 5 terpaksa saya konfirmasi. (Jadi anda tidak bisa memasang 2 versi berbeda dari Opera Mini)

Pertama kali membuka layar saya dikagetkan dengan adanya logo Telkomsel (saya pake Indosat M3) setelah saya telusuri di Internet ternyata Telkomsel memang bekerjasama dengan Opera untuk promosi layanannya yg baru. (Tetap saja bukan alasan untuk menaruh Logo Telkomsel kan ?)

Untuk Browsing di SE K800, hampir tidak ada perbedaan mengenai kecepatan dengan versi sebelumnya. Kemudian saya mencoba fitur Tab Browsing untuk membuka halaman Facebook dan Wikipedia, namun saat akan membuka halaman tab ketiga muncul pesan Memori kurang (out of memory), setelah saya tutup applikasi shmessenger dan applikasi yg sedang hidup di belakang layar. Lalu saya coba ulangi lagi, ternyata tidak ada masalah.

Pada versi ini saya sering mengalami halaman loading hang, connection failed, dan out of memory yg  biasanya jarang saya temui di versi sebelumnya.

Kemudian saya lihat daftar umpan balik saya (Feed), ternyata semua Feed saya hilang dan saya harus memasukkan kembali alamat feed saya.

Dan saat saya akan membuka halaman tersimpan saya dari Opera mini 4.2 ternyata tidak ada sama sekali, rupanya Halaman yg disimpan pada versi sebelumnnya tidak akan bisa dibaca di versi 5 ini. :)

Selain itu saat ingin mengubah ukuran font, ternyata ukuran font terbesarnya hampir sama dengan size medium di versi beta, dan 4.2.

Penasaran dengan kompabilitas ponsel yg lebih lama saya coba install opera 5 di ponsel SE K510i dan N6300, ternyata pada K510i, performanya sangat lambat, sering hang dan untuk tabbed browsing tidak bisa. Sementara pada 6300 fitur landspace mode tidak ditemukan, setelah saya telusuri ternyata Opera mematikan fitur ini di semua versi Nokia S40 karena ada masalah kompatibilitas.

Saat mencobanya di Nokia N82, tidak ada masalah yang saya temui, ini mungkin karena tenaga ponsel ini cukup mumpuni.
Terkadang muncul iklan yang tidak jelas, dan ada rekomendasi untuk menginstal versi Opera 5 beta 2.

Berikut ringkasan dari temuan-temuan yg sudah dibahas diatas :
  • Tampil logo Telkomsel di semua handphone yang menginstal OpMin 5.
  • Tabbed browsing memang fitur bagus, tapi anda harus mempunyai HP yg lumayan canggih
  • Tampilan kurang maksimal bila resolusi layar ponsel kurang dari 240x320 pixels
  • Font Lebih kecil
  • Untuk Nokia S40 tidak ada fitur landscape
  • Feed lama kita tidak akan muncul bila upgrade dari versi 4.2
  • Halaman yang kita simpan dari versi 4.2 tidak kompatibel dengan versi 5
  • Terkadang muncul iklan dan notifikasi yang salah untuk upgrade ke versi 5 beta 2
Kesimpulan saya, Opera mini 5 ini cocok digunakan untuk ponsel keluaran baru (2007 keatas), karena membutuhkan memori dan prosessor yang baik untuk memaksimalkan fitur tabbed browsing.
Bila anda tidak ada masalah dengan kekurangan-kekurangan yg dijelaskan diatas, silahkan upgrade Opera Mini anda ke Versi 5, namun bila ponsel anda keluaran lawas sebaiknya anda tetap bertahan dengan versi 4.2.

Untuk mendowload arahkan browser ponsel anda ke http://m.opera.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar