Cari Blog

Senin, 13 Desember 2010

Dual BOOT Mac + Win7

catatan berikut untuk berbagi ilmu kepada rekan2,

merasa sudah bosan dengan 'jendela' ? berikut saya sampaikan bagaimana cara mengawinkan 2 buah OS yg memerlukan usaha yg lebih keras dibandingkan dual boot antara linux dan windows.

yang saya gunakan adalah dvd windows 7 proffesional dan dvd hackintosh iatkos 10.7 .
keduanya saya downlaod di idws, win sekitar 2,8Gb dan iatkos sekitas 3,6Gb.

1. Hardisk Partition
ini merupakan langkah awal yg sangat penting !! sangat perlu diperhatikan agar dual boot berjalan dengan lancar,


dapat dilihat, saya mempartisi HD laptop saya menjadi 3 bagian, semuanya primary jangan extended !!
partisi pertama saya isi windows dengan 25Gb, dan partisi kedua yg akan saya install MAC OSX saya berikan space 25Gb(sepertinya kurang,karena sisa HD setelah install software2 mac sekitar 5Gb)
pada partisi ke dua klik kanan --mark partition as active--

2. install windows and mac
proses instalasi windows seperti biasa, dan yg agak rumit pada proses instalasi mac osx.
masukan dvd iatkos, dan pada saat masuk ke disk utility untuk format partisi ke 2 menuju mac osx(hfs)

klik partisi ke 2,klik erase -- format ke type mac osx journaled--- lalu erase !! maka partisi ke 2 akan memiliki format hfs

lanjutkan ke proses instalasi


klik customize .. ini sangat penting untuk menginstall semua driver sampai booting nya, seperti wireless,sound,modem,keyboard,vga,chipset,dll. jadi sebelum kita memilih sebaiknya kita harus tahu spesifikasi laptop kita,karena jika salah maka tidak bisa masuk OS atau pun terdapat masalah2 lainnya, saya sendiri sampai hampir 8 kali mengulang proses peng-install an.
lakukan proses peng installan yang memakan waktu sekitar 20 menit, lalu masuk ke proses awal mac untuk mengisi data pribadi dll.

3.dual boot
saat kita melakukan booting maka akan langsung masuk ke mac leo, dan windows pada partisi pertama belum bisa kita masuki.
langkah selanjutnya adalah booting dvd windows 7, dan masuk ke pilihan repair my computer


lalu pada pilihan system recovery option pilih command promt

pada command promt,
ketik DISKPART

list disk
----------
select disk 0 ---karena yang aktik adalah disk 0 sebagai HD laptop
----------
list partition--- untuk menampilkan partisi yg ada di dalam HD tersebut
----------
select partition 1 -- karena kita akan men select partisi yg berisi windows
----------
active
----------
maka partisi 1,disk 0 telah aktif kembali, dan booting akan langsung masuk ke windows

4. menggunakan Easy BCD
download dan install easy BCD (freeware)

ke add remove entries ..

add mac OSX sehingga seperti gambar diatas. restart !!!
ini link buat download nya : Easy BCD

maka saat masuk windows ada pilihan windows 7 (recovery) dan mac osx ..

silahkan dicoba, saran saya anda menyelamatkan data2 anda sebelum melakukan ini. yah mungkin karena harga apple yg diatas 10 jutaan, gak ada salahnya kita mencoba yg gratisan dulu biar nanti kalau sudah punya apple kita udah lancar memakainya.
enjoy gan !!
saya butuh 12 jam dari jam 3 pagi sampai jam 3 sore sampai ini berhasil,proses lamanya saat instalasi macosx yg sering gagal.
patut dicoba untuk yang sudah bosan dengan jendela

sekian dan silahkan bagi yg ingin mencoba,
good luck ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar